Aplikasi Segudang Informasi dan Toko Seputar Kesehatan – Halodoc

 

Judul : Aplikasi Segudang Informasi dan Toko Seputar Kesehatan – Halodoc

Pendahuluan :

a.     SCAMPER adalah sebuah metode yang sangat berguna untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi seseorang dalam berbagai konteks, terutama dalam mengembangkan suatu produk baru dan pemecahan masalah. Dengan mempelajari metode ini seseorang dapat mengembangkan lebih jauh lagi inovasi produk atau jasa yang sudah ada saat ini.

Uraian produk/jasa :

 
 







       Dalam tugas ini, jasa kesehatan yang saya ambil sebagai reverensi tugas adalah sebuah platfrom telemedical dalam bentuk aplikasi yang bernama Halodoc. Aplikasi ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa digunakan untuk membantu masyarakat seperti akses konsultasi medis online, sebagai penyedia obat secara onlibe, sebagai sebuah sumber informasi seputar medis yang bisa dipercaya, dan pelayanan tambahan lainnya.

 

Aplikasi Halodoc menawarkan berbagai fitur yang memfasilitasikan akses kesehatan secara online dan efisien yang bisa diakses oleh banyak masyarakat. Beberapa fitur utama yang bisa diakses adalah fitur chat dengan dokter, toko kesehehatan online, fitur informasi kesehatan, dan keamanan dalam bertransaksi.

 

 

Proses SCAMPER :

 

a.     Substitute ( menganti) :

     Ada 2 hal yang bisa diganti yaitu peran dokter umum ke AI chatbot untuk sesi konsultasi dasar untuk memberikan saran kesehatan awal sebelum pengguna berkonsultasi dengan dokter dan Yang kedua adalah pengganti resep fisik dengan e-prescription yang otomatis dimana setelah konsultasi, pengguna bisa langsung menerima resep elektrolik yang otomatis terintegrasi dengan apotek terdekat.

 

b.     Combine ( menggabungkan ) :

     ada 2 hal diharapkan bisa digabungkan untuk meningkatkan aplikasi ini yaitu yang pertama integrasi dengan wearables dimana aplikasi halodoc digabungkan dengan perangkat wearable ( misalnya smartwatch) untuk memantau kesehatan pengguna secara real-time, seperti denjut jantung, aktivitas fisik, dan tidur. Yang kedua adalah mengabungkan aplikasi halodoc dengan program kesehatan lain misalnya, platfrom untuk asuransi kesehatan, fitnes, atau wellness untuk memberikan layanan holistik kepada pengguna.

 

c.     Adapt ( menyesuaikan ) :

     Ada beberapa hal yang bisa diadaptasi dari untuk membuat aplikasi Halodoc menjadi lebih baik yaitu yang pertama adaptasi layanan sesuai dengan daerah misalnya disaerah perdesaan, Halodoc bisa menyesuaikan dengan menyediakan layanan edukasi kesehatan lebih intensif memalui fitur vidio atau konsultasi grup tentang pencegahan penyakit endemik. Selain itu, menyediakan layanan darurat khusus dalam bentuk tombol panggilan darurat yang terhubung langsung ke rumah sakit terdekat.

 

d.     Modify (memodifikasi ) :

    Yang bisa dimodifikasi dari aplikasi ini yang pertama penggalaman pengguna (UX) dimana simplikasi antarmuka pengguna agar lebih mudah digunakan oleh lansia atau orang-orang yang kurang tech-savvy. Hal kedua yang bisa dimodifikasi adalah sistem pembayaran dimana bisa dibuat fitur ”bayar nanti”, atau diskon berlangganan untuk layanan kesehatan berulang.

 

e.     Put tu another use ( dimanfaatkan untuk penggunaan lainnya) :

      ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk membuat layanan Halodoc digunakan secara berbeda yaitu platfrom edukasi kesehtan Dimana selain konsultasi, Halodoc  bisa digunakan platform untuk webinar atau kelas daring mengenai gaya hidup sehat, perawatan diri atau pelatihan pertolongan pertama. Selain itu pemantauan kondisi kronis bisa dimanfaatkan untuk penggunaan lain dimana halodoc bisa dimanfaatkan untuk memantau pasien dengan penyakit kronis, melalui pengingat rutin untuk minum obat, janji control, dan pengiriman laporan Kesehatan ke dokter.

 

 

f.      Eliminate ( Menghilangkan ) :

Ada beberapa hal yang bisa dihilangkan dalam Halodoc yaitu proses administrasi yang berbelit dan memakan waktu seperti pengisian form manual, dengan menggunakan sistem otomatis dan integritas data pasien. Lalu penghapusan biaya konsultasi awal untuk pengguna baru dimana bisa diterapkan promo khusus bagi pengguna baru untuk mencoba layanan gratis konsultasi pertama.

 

g.     Revense ( Membalikkan ) :

Ada beberapa hal yang bisa disusun ulang pada aplikasi halodoc untuk meningkatkan lebih jauh lagi aplikasi ini yaitu urutan layanan konsultasi dimana bisa diatur ulang proses konsultasi dengan menawarkan konsultasi cepat berbasis pertanyaan-pertanyaan sederhana untuk kasus ringan

 

Sesudah proses SCAMPER :

Setelah dilakukan proses SCAMPER,terdapat beberapa hasil yang dari inovasi aplikasi Halodoc ini dimana dengan beberapa inovasi ini dapat  meningkatkan layanan kesehatan digital di Indonesia. terdapat memperkenalkan fitur baru seperti Home Lab untuk tes kesehatan di rumah dan My Insurance untuk memudahkan akses manfaat asuransi. Didukung oleh pendanaan dari PT Astra International dan Openspace, Halodoc mempercepat pengembangan teknologi yang mendukung akses kesehatan inklusif. Selain itu, mereka memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) bersama Google Cloud untuk memberikan umpan balik berkala kepada dokter, membantu meningkatkan kualitas konsultasi. Melalui kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan dalam Regulatory Sandbox, Halodoc berkomitmen memastikan keamanan pengguna sebagai prioritas utama.

 

Kesimpulan :

Analisis SCAMPER pada aplikasi Halodoc menunjukkan berbagai peluang inovasi yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan memperluas dampak layanan kesehatan digital di Indonesia. Dengan menggabungkan fitur edukasi kesehatan, memperluas akses untuk berbagai kelompok usia dan bahasa, serta meningkatkan personalisasi layanan seperti pengingat dan reward, Halodoc dapat menjadi lebih inklusif dan bermanfaat bagi pengguna. Inovasi seperti kolaborasi dengan aplikasi kebugaran, adaptasi antarmuka untuk lansia dan anak-anak, serta peningkatan diagnosis awal melalui AI memungkinkan Halodoc untuk bertransformasi dari layanan reaktif menjadi platform yang proaktif dalam pencegahan dan pemeliharaan kesehatan, memperkuat posisi Halodoc sebagai pelopor kesehatan digital di Indonesia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nadiem Makarim : Kisah Inspirasi Pendiri Gojek yang Mengubah Industri Transportasi Indonesia dengan Teknologi Digital

SEHATSMART- aplikasi layanan kesehatan digital