Aplikasi Segudang Informasi dan Toko Seputar Kesehatan – Halodoc
Judul : Aplikasi Segudang
Informasi dan Toko Seputar Kesehatan – Halodoc
Pendahuluan :
a. SCAMPER adalah sebuah metode yang sangat berguna untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi seseorang dalam berbagai konteks, terutama dalam mengembangkan suatu produk baru dan pemecahan masalah. Dengan mempelajari metode ini seseorang dapat mengembangkan lebih jauh lagi inovasi produk atau jasa yang sudah ada saat ini.
Uraian produk/jasa :
Dalam tugas ini, jasa kesehatan yang saya ambil sebagai reverensi tugas adalah sebuah platfrom telemedical dalam bentuk aplikasi yang bernama Halodoc. Aplikasi ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa digunakan untuk membantu masyarakat seperti akses konsultasi medis online, sebagai penyedia obat secara onlibe, sebagai sebuah sumber informasi seputar medis yang bisa dipercaya, dan pelayanan tambahan lainnya.
Aplikasi
Halodoc menawarkan berbagai fitur yang memfasilitasikan akses kesehatan secara
online dan efisien yang bisa diakses oleh banyak masyarakat. Beberapa fitur
utama yang bisa diakses adalah fitur chat dengan dokter, toko kesehehatan
online, fitur informasi kesehatan, dan keamanan dalam bertransaksi.
Proses
SCAMPER :
a.
Substitute
( menganti) :
Ada 2 hal yang bisa diganti yaitu peran
dokter umum ke AI chatbot untuk sesi konsultasi dasar untuk memberikan saran
kesehatan awal sebelum pengguna berkonsultasi dengan dokter dan Yang kedua adalah
pengganti resep fisik dengan e-prescription yang otomatis dimana setelah
konsultasi, pengguna bisa langsung menerima resep elektrolik yang otomatis terintegrasi
dengan apotek terdekat.
b.
Combine
( menggabungkan ) :
ada 2 hal diharapkan bisa digabungkan
untuk meningkatkan aplikasi ini yaitu yang pertama integrasi dengan wearables
dimana aplikasi halodoc digabungkan dengan perangkat wearable ( misalnya
smartwatch) untuk memantau kesehatan pengguna secara real-time, seperti denjut
jantung, aktivitas fisik, dan tidur. Yang kedua adalah mengabungkan aplikasi
halodoc dengan program kesehatan lain misalnya, platfrom untuk asuransi kesehatan,
fitnes, atau wellness untuk memberikan layanan holistik kepada pengguna.
c.
Adapt
( menyesuaikan ) :
Ada beberapa hal yang bisa diadaptasi dari
untuk membuat aplikasi Halodoc menjadi lebih baik yaitu yang pertama adaptasi
layanan sesuai dengan daerah misalnya disaerah perdesaan, Halodoc bisa
menyesuaikan dengan menyediakan layanan edukasi kesehatan lebih intensif
memalui fitur vidio atau konsultasi grup tentang pencegahan penyakit endemik.
Selain itu, menyediakan layanan darurat khusus dalam bentuk tombol panggilan
darurat yang terhubung langsung ke rumah sakit terdekat.
d.
Modify
(memodifikasi ) :
Yang bisa dimodifikasi dari aplikasi ini
yang pertama penggalaman pengguna (UX) dimana simplikasi antarmuka pengguna
agar lebih mudah digunakan oleh lansia atau orang-orang yang kurang tech-savvy.
Hal kedua yang bisa dimodifikasi adalah sistem pembayaran dimana bisa dibuat
fitur ”bayar nanti”, atau diskon berlangganan untuk layanan kesehatan berulang.
e. Put
tu another use ( dimanfaatkan untuk penggunaan lainnya) :
ada beberapa hal yang bisa digunakan untuk membuat layanan Halodoc
digunakan secara berbeda yaitu platfrom edukasi kesehtan Dimana selain
konsultasi, Halodoc bisa digunakan platform
untuk webinar atau kelas daring mengenai gaya hidup sehat, perawatan diri atau
pelatihan pertolongan pertama. Selain itu pemantauan kondisi kronis bisa
dimanfaatkan untuk penggunaan lain dimana halodoc bisa dimanfaatkan untuk
memantau pasien dengan penyakit kronis, melalui pengingat rutin untuk minum
obat, janji control, dan pengiriman laporan Kesehatan ke dokter.
f. Eliminate
( Menghilangkan ) :
Ada
beberapa hal yang bisa dihilangkan dalam Halodoc yaitu proses administrasi yang
berbelit dan memakan waktu seperti pengisian form manual, dengan menggunakan
sistem otomatis dan integritas data pasien. Lalu penghapusan biaya konsultasi awal
untuk pengguna baru dimana bisa diterapkan promo khusus bagi pengguna baru
untuk mencoba layanan gratis konsultasi pertama.
g. Revense
( Membalikkan ) :
Ada beberapa hal yang bisa disusun
ulang pada aplikasi halodoc untuk meningkatkan lebih jauh lagi aplikasi ini
yaitu urutan layanan konsultasi dimana bisa diatur ulang proses konsultasi dengan
menawarkan konsultasi cepat berbasis pertanyaan-pertanyaan sederhana untuk
kasus ringan
Sesudah proses SCAMPER :
Setelah dilakukan proses SCAMPER,terdapat beberapa
hasil yang dari inovasi aplikasi Halodoc ini dimana dengan beberapa inovasi ini
dapat meningkatkan layanan kesehatan
digital di Indonesia. terdapat memperkenalkan fitur baru seperti Home Lab
untuk tes kesehatan di rumah dan My Insurance untuk memudahkan akses
manfaat asuransi. Didukung oleh
pendanaan dari PT Astra International dan Openspace, Halodoc mempercepat
pengembangan teknologi yang mendukung akses kesehatan inklusif. Selain itu,
mereka memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) bersama Google Cloud untuk
memberikan umpan balik berkala kepada dokter, membantu meningkatkan kualitas
konsultasi. Melalui kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan dalam Regulatory
Sandbox, Halodoc berkomitmen memastikan keamanan pengguna sebagai prioritas
utama.
Kesimpulan :
Analisis SCAMPER pada
aplikasi Halodoc menunjukkan berbagai peluang inovasi yang dapat meningkatkan
pengalaman pengguna dan memperluas dampak layanan kesehatan digital di
Indonesia. Dengan menggabungkan fitur edukasi kesehatan, memperluas akses untuk
berbagai kelompok usia dan bahasa, serta meningkatkan personalisasi layanan
seperti pengingat dan reward, Halodoc dapat menjadi lebih inklusif dan
bermanfaat bagi pengguna. Inovasi seperti kolaborasi dengan aplikasi kebugaran,
adaptasi antarmuka untuk lansia dan anak-anak, serta peningkatan diagnosis awal
melalui AI memungkinkan Halodoc untuk bertransformasi dari layanan reaktif
menjadi platform yang proaktif dalam pencegahan dan pemeliharaan kesehatan,
memperkuat posisi Halodoc sebagai pelopor kesehatan digital di Indonesia.
Komentar
Posting Komentar